Tugas ISD dan IBD

Click for Jambi, Indonesia Forecast

Rabu, 10 Oktober 2012

Interakasi Manusia & Komputer

Interaksi Manusia & Komputer

WALL-E



   Interaksi adalah suatu hubungan antara dua individu atau lebih, baik itu dilakukan oleh manusia, hewan, maupun perangkat komputer seperti robot. Interaksi merupakan suatu yang wajib dilakukan oleh setiap makhluk hidup, karena tidak ada makhluk hidup didunia ini yang bisa hidup sendiri tanpa melakukan interaksi dengan orang disekitarnya.

   Pada film Wall-E kita bisa melihat interaksi yang terjadi pada manusia dan robot maupun interaksi antara robot dengan robot dan juga robot dengan seekor serangga. Wall-E merupakan sebuah robot yang sengaja diciptakan untuk melakukan tugas pembersihan dibumi dari tumpukan sampah, namun robot ini telah banyak yang rusak dan hanya satu yang masih tersisa. Wall-E setiap hari selalu ditemani oleh seekor serangga yang selalu setia menamaninya dalam melakukan setiap aktifitasnya.

   Sampai suatu hari tibalah robot yang dikirim dari luar angkasa, robot ini bertugas untuk mencari tumbuhan yang masih tersisa yang ada dibumi. Dan akhirnya Wall-E pun berkenalan dan berteman akrab dengan robot tersebut, mereka pun selalu berinteraksi. Wall-E pun memberikan robot tersebut tumbuhan yang didapatnya ketika sedang membersihkan sampah-sampah kaleng. Setelah mendapatkan tumbuhan robot itu pun dijemput untuk kembali keluar angkasa dan Wall-E pun mengikutinya secara diam-diam.

   Akhirnya tibalah Wall-E disebuah kapal induk luar angkasa yang menampung orang-orang yang ada dibumi, disana terlihat orang-orang yang selalu dimanjakan oleh teknologi, sehingga akhirnya mereka tidak bisa hidup mandiri tanpa bantuan teknologi, bahkan untuk berjalan pun mereka tidak bisa.

  Ternyata tumbuhan yang ditemukan tadi digunakan untuk membutktikan bahwa dibumi masih ada kehidupan dan juga masih layak untuk dihuni kembali oleh makhluk hidup terutama manusia. Akhirnya kapten pesawat pun memutuskan untuk kembali kebumi dan membangun kembali kehidupan disana.

Kesimpulan :
Interaksi Manusia dan Komputer yang terjadi pada film wall-e memiliki dampak postif dan negatif. Dampak positif yang kita ambil dalam film ini adalah teknologi ( dalam hal ini robot ) yang dijalankan dengan sebuah program komputer dapat membantu serta meringankan perkerjaan manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari, seperti halnya menggantikan peran pembantu rumah tangga, petugas kebersihan hingga pasukan pengamanan. Dan sisi negatif yang diambil dari film ini adalah ketergantungan manusia pada teknologi yang sangat berlebihan sehingga melupakan dampak lingkungan akibat kemajuan dan perkembangan teknologi tersebut yang membuat bumi jadi rusak sehingga tidak dapat lagi dihuni oleh makhluk hidup termasuk manusia. Dampak negatif lainnya adalah manusia seperti diperbudak oleh teknologi dan juga mengurangi interaksi sosial dengan orang-orang yang ada disekitarnya bahkan bersikap tidak peduli dengan apa yang terjadi disekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar