Tugas ISD dan IBD

Click for Jambi, Indonesia Forecast

Rabu, 17 Oktober 2012

Alternatif dan Solusi untuk mengurangi tawuran



Lagi – lagi dunia pendidikan kita tercoreng oleh sekelompok siswa yang melakukan tawuran yang sampai merengut korban jiwa. Tawuran sepertinya memang selalu akrab dilingkungan pendidikan di negara kita, mulai dari tingkat SMP, SMA, bahkan tingkat perguruan tinggi pun sangat sering melakukan tawuran.

Seperti yang kita ketahui sekolah adalah tempat untuk para siswa mengenyam bangku pendidikan, namun demikian banyak siswa yang melakukan tindakan-tindakan yang tidak terdidik seperti melakukan tawuran, hal inilah yang membuat hati kita sangat meris melihatnya.

Berbagai tindakan telah dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya tawuran, mulai dari penambahan jam sekolah, diadakannya kegiatan ekstrakulikuler dan les tambahan yang dilakukan disekolah, namun hal ini sepertinya kurang efektif untuk mencenggah terjadinya tawuran, terbukti dengan masih banyaknya tawuran yang terjadi diantara para pelajar.

Sebenarnya cara yang menurut paling efektif untuk mengurangi terjadinya tawuran atau bahkan untuk menghilangkan tradisi tawuran yang terjadi di sekolah-sekolah adalah melalui pendekatan keluarga.

Sebagaimana kita ketahui keluarga adalah tempat dimana para individu melakukan sosialisi pertama mereka, jika sosialisai di dalam keluarga berjalan dengan baik, maka dapat dipastikan individu yang berada didalam keluarga tersebut juga dapat melakukan sosialisai yang baik di lingkungan luar.

Dengan malakukan sosialisasi yang baik diharapkan setiap individu dapat menjaga sikap dan ucapan yang tidak menyinggung perasaan orang lain, dengan begitu terwujudlah suatu kehamonisan dan rasa tenggang rasa didalam lingkungan sosial individu tersebut.

Dengan terwujudnya rasa harmonis dan tenggang rasa maka diharapkan setiap individu dapat saling menghormati satu sama lain dan tidak ada lagi rasa permusuhan diantara mereka yang dapat menyebabkan tawuran.

Maka dari itu peran keluarga sangatlah penting dalam membentuk karakter setiap individu, karena disinilah pertama kali kegiatan sosialisi terjadi.

Jadi menurut saya itulah solusi atau alternatif yang terbaik untuk mencegah terjadinya tawuran antar pelajar yang akhir – akhir ini kembali sering terjadi, maka dari itu peran orang tua lah yang sangat berperan dalam hal untuk mewujudkan pembentukan karakter dan sikap setiap individu untuk selalu melakukan hal – hal yang positif dalam melakukan interaksi sosial baik didalam maupun diluar lingkungan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar